Jumat, 19 Oktober 2012

077 News Trading

Dari semua jenis strategi mungkin newstrading adalah yang paling efisien karena hanya membutuhkan waktu singkat untuk dapat meraih keuntungan yang cukup besar. Bagi anda yang hanya punya waktu singkat untuk melakukan trading atau hanya ingin menjadikan forex sebagai tambahan penghasilan, news trading dapat dijadikan alternatif strategi.

Kondisi ekonomi dan politik adalah faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi pergerakan mata uang, Setiap perubahan penting yang terjadi pada kondisi ekonomi dan politik akan memiliki dampak yang langsung pada pergerakan mata uang. Saat suatu berita atau laporan penting diterbitkan tidak jarang pergerakan harga yang terjadi bisa mencapai puluhan bahkan ratusan pip hanya dalam hitungan menit!



Beberapa berita penting, seperti misalnya pemboman 911, datang tiba-tiba dan tidak terduga sama sekali. Tapi untungnya sebagian besar faktor fundamental ini dapat diketahui waktunya. Misalnya saja laporan-laporan dan indikator ekonomi yang dikeluarkan secara berkala oleh pemerintah suatu negara atau suatu lembaga survey.

Mengingat besarnya dampak indikator dan laporan-laporan tersebut, pada umumnya para trader menunggu munculnya pengumuman indikator dan laporan-laporan ekonomi untuk kemudian mengambil posisi transaksi sesuai dengan hasil laporan atau indikator yang diumumkan.

Pre-News

Sebenarnya sebelum adanya pengumuman atau news, para analis dan pelaku pasar biasanya sudah memiliki prediksi. Dalam banyak kasus, hasil analisis ini justru sangat mempengaruhi pasar dan membuat pasar bergerak mendahului news. Seringkali justru pada saat news dirilis pasar bergerak melawan prediksi sebelumnya sebagai akibat dari pergerakan yang terjadi sebelum prediksi sudah terlampau jauh. Fenomena ini dikenal dengan istilah “buy the rumour and sell the fact”.

Pergerakan yang terjadi sebelum news muncul ini sebenarnya adalah ‘falsemove’, akan tetapi kita bias memanfaatkannya dengan mengambil transaksi searah dengan pergerakan pasar lalu segera menutup transaksi beberapa saat sebelum news yang sesungguhnya muncul.

Post-news

Tetapi biasanya pasar cenderung bersikap menunggu. Artinya kebanyakan pelaku pasar menanti kejelasan hasil dari news yang akan dirilis sebelum mereka menentukan posisi.

Jika hasil pengumuman yang keluar berkisar pada prediksi yang ada umumnya dampak pergerakan harga tidak begitu signifikan. Tapi jika hasil yang keluar jauh berbeda, entah lebih baik atau lebih buruk, maka perubahan harga yang terjadi bisa sangat besar. Terutama karena pelaku pasar melakukan transaksi dengan panik dalam waktu yang relatif singkat.

Secara umum ada tiga macam reaksi atas ‘news’ yang muncul:
• Tidak ada reaksi.
Biasanya ini terjadi karena hasil laporan yang muncul sesuai dengan prediksi atau pengaruhnya kecil terhadap kondisi fundamental yang ada.
• Break-out
Biasanya ini terjadi kalau hasil laporan yang muncul secara signifikan lebih baik atau lebih buruk dari perkiraan.
• Volatil/naik-turun
Biasanya ini terjadi kalau ada beberapa hasil laporan penting yang keluar secara bersamaan dan pelaku pasar tidak sepakat dengan dampak yang ditimbulkannya.

077 01

Karena setiap munculnya ‘news’ memiliki potensi munculnya gerakan harga yang besar, ‘news’ selalu menarik banyak trader untuk melakukan transaksi. Kitapun dapat memanfaatkan munculnya ‘news’ untuk meraih keuntungan.

Memang potensi keuntungan yang besar juga berarti sebaliknya: potensi keraguan yang besar. Oleh karena itu tidak semua trader suka dengan ‘newstrading’. Mereka yang melakukan ‘safetrading’ biasanya justru menghindari bertransaksi saat terjadi ‘news’. Sebaliknya para trader yang suka mengambil resiko tinggi justru sering melihat ‘news’ sebagai kesempatan besar untuk meraih keuntungan.

Kalau anda seorang trader pemula, ada baiknya anda menghindarkan transaksi saat adanya ‘news’ atau melakukan ‘newstrading’ dengan resiko minimal dan strategi konservatif. Anda dapat melihat kalender ekonomi pada beberapa situs seperti http://www.fxstreet.com atau pada situs broker anda yang biasanya memberikan layanan ini secara gratis.

Strategi agresif

Biasanya trader yang suka dengan resiko tinggi berusaha menangkap gerakan harga yang terjadi ini sedini mungkin untuk mendapatkan profit yang maksimal. Caranya dengan memasang stop-order ‘buy’ dan ‘sell’ 10 – 15 point menjelang terjadinya news.

Stop-loss boleh tidak dipasang, karena dengan adanya dua transaksi berlawanan dengan jumlah lot yang sama secara otomatis akan terjadi hedging (dalam posisi rugi) jika satu order terkena dan gerakan harga berbalik arah yang mengakibatkan order yang lain juga aktif.

Keuntungan cara ini adalah keuntungan yang didapat bisa maksimal apabila gerakan yang terjadi cukup besar dan bergerak ke satu arah. Sedangkan kerugiannya, jika terjadi gerakan yang volatil / naik-turun, kemungkinan rugi cukup besar. Juga cara ini akan sangat merugikan jika broker yang anda gunakan menaikkan spread saat terjadinya ‘news’.

Strategi konservatif

Jika anda ingin bermain aman, anda tidak perlu memasang order apapun saat terjadinya news tapi cukup memperhatikan reaksi pasar yang terjadi. Anda hanya masuk bertransaksi setelah arah gerakan yang terjadi cukup jelas. Ini bisa terjadi 10 menit atau bahkan beberapa jam setelah news. Saat terbaik untuk masuk bertransaksi adalah pada saat ‘wave 2’ dari gerakan harga sudah hampir berakhir dan ‘wave 3’ akan dimulai.

Memang dengan cara ini keuntungan yang diraih tidak sebesar cara agresif dimana transaksi diambil pada tingkat harga yang paling awal, tapi cara ini cukup aman dan keuntungannya juga relatif masih cukup besar.

Jika ada beberapa ‘news’ penting terjadi dalam waktu berdekatan, biasanya pada ‘news’ pertama reaksi yang muncul terkesan ragu-ragu dan harga cenderung kembali ke posisi semula. Ini terjadi karena para pelaku pasar menunggu ‘news’ yang kedua untuk mengambil posisi. Kondisi ini sering menjebak tradertrader yang agresif. Tapi kalau anda menggunakan strategi konservatif, anda bisa menunggu sampai ‘news’ berikut untuk memastikan arah gerakan dan bertransaksi pada saat gerakan harga sudah pasti.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar