Jumat, 19 Oktober 2012

068 Bollinger Bands

Bollinger's Band tidak lain adalah Moving Averages yang dilengkapi dengan dua pita yang melebar dan menyempit sesuai dengan tingkat volatilitas pergerakan chart. Pada dasarnya indikator ini mengungkapkan pada kita apakah kondisi pasar sedang sepi atau aktif. Saat kondisi pasar sepi, pita bollinger mengecil. Sebaliknya saat pasar aktif, pita bollinger akan melebar.





Bollinger’s Band Sebagai Trigger Ada dua pendekatan yang populer dalam memanfaatkan Bollinger’s Band (BB). Yang pertama adalah Bollinger Bounce:



Dengan asumsi bahwa harga cenderung mencari kesetimbangan dan bergerak kembali ke bagian tengah BB maka setiap kali harga melewati upper-band maupun lower-band dianggap sebagai sebuah kesempatan untuk melakukan transaksi.

Pendekatan yang lain adalah Bollinger Squeeze:




Jika pita BB menyempit dalam waktu beberapa lama, itu menandakan volume transaksi yang sedang menurun karena ketidakjelasan arah pergerakan harga. Jika suatu saat pasar mulai mendapatkan arah pergerakannya maka harga akan bergerak jauh menembus batas-batas BB. Tertembusnya BB setelah terjadinya Bollinger Squeeze dapat dipandang sebagai sebuah sinyal untuk melakukan transaksi.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar