Kamis, 04 Oktober 2012

037 Doji

Doji

Pola candlestick doji memiliki harga pembukaan dan penutupan yang relatif sama. Ini ditunjukkan dari badan yang berbentuk garis atau sangat kecil. Pola doji menunjukkan ketidakpastian dari pertarungan antara penjual dan pembeli. Pada sesi ini harga bergerak naik dan turun dari harga pembukaan tapi akhirnya ditutup dengan harga yang kurang lebih sama dengan harga pembukaan.

Pembeli maupun penjual sama-sama kuat dan pertarungan mereka berakhir dengan draw. Ada empat jenis doji seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:





Jika terjadi doji, perhatikan pola candlestick yang terjadi sebelumnya untuk memahami apa yang sedang terjadi. Jika doji terjadi setelah serangkaian candlestick dengan badan yang panjang berwarna putih (seperti maribozu putih), ini merupakan pertanda bahwa pembeli mulai kehabisan tenaga dan melemah. Supaya harga terus naik, dibutuhkan lebih banyak pembeli tapi yang terjadi pembeli sudah tidak ada lagi. Sementara itu penjual sedang bersiap-siap untuk masuk mengambil alih kendali pasar untuk menurunkan harga.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar