Jumat, 19 Oktober 2012

072 Gunakan Indikator Dengan bijak

Setelah mengenal beberapa indikator lalu bagaimana menerapkannya di dalam trading? Apakah indikator itu harus dipasang semua?

Sama sekali tidak! Gunakan apa yang anda anggap cukup baik dalam membantu anda menganalisis pergerakan harga, tidak perlu semua indikator dipasang pada chart!

Saya pernah melihat seorang trader sedang mengamati sebuah chart di depannya dengan berbagai macam indikator, mungkin ada 4 indikator atau lebih. Saya pikir pastilah dia seorang trader yang hebat. Tapi sampai berjamjam sesi trading berlalu dia belum juga menemukan kesempatan untuk bertransaksi. Rupanya dia tidak berani mengambil keputusan karena indikator-indikator tersebut memberikan sinyal yang tidak seragam! Banyaknya indikator justru membuatnya bingung dan kesulitan dalam mengambil keputusan.

Saya pikir cukuplah 1 atau 2 indikator yang kita gunakan sebagai alat bantu, selebihnya kita gunakan akal sehat dalam mengambil keputusan. Indikator hanya alat bantu, bukan penentu apa yang harus kita lakukan. Dengan cara seperti ini intuisi trading kita dapat lebih berkembang ketimbang kita harus mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan banyak indikator. Dan dengan mengembangkan sisi intuisi, berarti kita mengembangkan kekuatan khas yang hanya dimiliki manusia dan mampu melampaui semua perhitungan berdasarkan indikator!

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar